Selasa, 07 Maret 2017

Program Bimbingan Serta Konseling di Sekolah Dasar

  Program Bimbingan Serta Konseling di Sekolah Dasar


Diskripsi Pertumbuhan serta psikologi Remaja





Program Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar atau SD ini tersusun atas Contoh Identifikasi Program, Program BK Umum, Metrik Program Tahunan, Semester dan Bulanan, Program Tahunan BK, Program Semester BK, Program Bulanan BK, dan Program Mingguan BK.

Program BK di sekolah dasar ini disusun berdasarkan kebutuhan peserta didik (need assessment) yang diperoleh melalui aplikasi instrumentasi, dengan substansi program pelayanan mencakup: (1) empat bidang, (2) jenis layanan dan kegiatan pendukung, (3) format kegiatan, sasaran pelayanan (4) , dan (5) volume/beban tugas konselor.

Program Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar (Preview)

Program Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar




Dilihat dari jenisnya, program Bimbingan dan Konseling terdiri 5 (lima) jenis program, yaitu:
  1. Program Tahunan, yaitu program pelayanan Bimbingan dan Konseling meliputi seluruh kegiatan selama satu tahun untuk masing-masing kelas di sekolah/madrasah.
  2. Program Semesteran, yaitu program pelayanan Bimbingan dan Konseling meliputi seluruh kegiatan selama satu semester yang merupakan jabaran program tahunan.
  3. Program Bulanan, yaitu program pelayanan Bimbingan dan Konseling meliputi seluruh kegiatan selama satu bulan yang merupakan jabaran program semesteran.
  4. Program Mingguan, yaitu program pelayanan Bimbingan dan Konseling meliputi seluruh kegiatan selama satu minggu yang merupakan jabaran program bulanan.
  5. Program Harian,yaitu program pelayanan Bimbingan dan Konseling yang dilaksanakan pada hari-hari tertentu dalam satu minggu. Program harian merupakan jabaran dari program mingguan dalam bentuk satuan layanan (SATLAN) dan atau satuan kegiatan pendukung (SATKUNG) Bimbingan dan Konseling.
Sekian artikel Program Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar ini, semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Tolong share juga ya artikel ini untuk teman anda yang sedang membutuhkannya juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar