Minggu, 12 Maret 2017

BIMBINGAN SERTA KONSELING REMAJA

BIMBINGAN SERTA KONSELING REMAJA

bimbingan dan konseling kelompok

Diskripsi Pertumbuhan serta psikologi Remaja





Kata Kunci: Binbingan Remaja
Abstrak
Masa remaja merupakan masa perkembangan individu yang sangat penting, dimana masa ini masa segala keingintahuan bertambah besar sesuai dengan perkembangan fisik, emosi, dan intelektualnya. Pada akhir-akhir ini remaja mempunyai masalah yang sangat memprihatinkan, akibat dari pergaulan yang tidak seharusnya dilakukan oleh remaja, tidak hanya sampai disitu saja terdapat beberapa ragam masalah remaja yang salaha satunya yaitu masalah dengan keluarga.
Dalam mengatasi hal ini beberapa metode dan strategi agar remaja masa kini dapat berkembang sesuai dengan apa yang seharusnya ia jalankan. Seperti dengan menerapkan metode keteladanan, disini yang berperan aktif adalah orang yang lebih tua umurnya dari remaja tersebut, ia harus mencontohkan segala sesuatu yang baik, agar si remaja tersebut dapat meniru dan tidak salah arah.
A.  Pendahuluan
Latar belakang masalah
Dalam menghadapi kemajuan zaman yang semakin modern ini, kita perlu mempersiapkan remaja-remaja masa kini yang tangguh terhadap perubahan-perubahan akan kemajuan zaman tetapi akhir-akhir ini kita banyak dihadapkan dengan begitu banyaknya permasalahan pada masa remaja, keprihatinan yang cukup beralasan, mengingat pergaulan remaja yang salah ini dapat berdampak negatif terhadap dirinya sendiri maupun orang lain, terutama orang tuanya. Pergaulan yang berdampak negatif ini disebabkan oleh faktor pergaulan yang kurang memperhatikan aturan-aturan yang ada, tetapi jika remaja tersebut mempunyai pergaulan yang sesuai maka akan sesuai dengan perkembangan yang seharusnya.
Untuk membantu permasalahan yang sebagaimana telah dipaparkan, hal yang perlu dilakukan adalah dengan mengadakan bimbingan-bimbingan kepada remaja dan melakukan beberapa metode serta strategi apa saja yang harus dilakukan oleh orang yang lebih memahami bagaimana keadaan remaja tersebut, salah satu contohnya dengan menerapakan metode akademik, dengan menerapkan metode ini remaja dapat menegetahui apa dan bagaimana minat, bakat, serta apa yang harus dilakukan agar keinginannya tercapai. Penerapan bimbingan dan beberapa metode serta strategi diharapkan akan membawa dampak positif terhadap perkembangan remaja dan pergaulannya.
Maka berdasarkan uraian yang telah disampaikan, pentingnya pembahasan mengenai bimbingan kepada remaja tersebut sangatlah penting di bahas oleh penulis, dikaitkan dengan kondisi dan keilmuwan yang akan dihadapi oleh dunia pendidikan dan sebagai salah satu bekal penulis dalam menghadapi kondisi dan pergaulan remaja di masa kini.
B.  Pembahasan
Definisi Masa Remaja
Hurlock mengungkakan bahwa Secara psikologis masa remaja adalah usia dimana individu berintegrasi dengan masyarakat dewasa yang merupakan peralihan dari masa kehidupan anak ke masa kehidupan orang dewasa. Bila ditinjau dari segi tubuhnya, mereka terlihat sudah dewasa tetapi jika mereka diperlakukan sebagai orang dewasa ternyata mereka belum dapat menunjukkan sikap dewasa  karena mereka merupakan peralihan dari masa kehidupan anak ke masa kehidupan orang dewasa.
Pendapat yang telah dikemukakan oleh Hurlock juga hampir sama dengan apa yang dikemukakan oleh Sugeng yang menyatakan bahwa masa remaja merupakan masa peralihan antara masa kehidupan anak dan masa kehidupan dewasa dan remaja sering menunjukan kegelisahan, pertentangan, dan keinginan mencoba segala sesuatu. Dalam hal ini remaja dikatakan sebagai individu yang masih belum jelas identitas dirinya atau juga disebut dengan individu yang masih mencari jati dirinya. Contohnya remaja mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi, sebab jarang sekali diantara remaja yang memegang prisip atas dirinya. Dapat dikatakan juga remaja tidak mempunyai tempat yang jelas kerena tidak masuk kedalam golongan anak-anak, tetapi tidak juga termasuk golongan yang sudah dewasa, jadi remaja berada di antara masa kanak-kanak dan dewasa.

Ciri-Ciri Masa Remaja
            Ciri-ciri pada masa remaja dapat dikategorikan sebagai berikut, yaitusebagai periode yang paling pentingsebagai periode peralihansebagai periode perubahansebagai usia bermasalahsebagai usia mencari identitassebagai usia yang menimbulkan ketakutan, dan sebagai ambang masa dewasa.
Ragam Permasalahan Remaja
Pada masa remaja ini akan terjadi banyak perubahan yang sangat berarti baik dari segi fisik, emosi, sosial, dan intelektual. Para ahli juga mengungkapakan hal yang serupa, bahwa masa remaja adalah masa tersulit dan masa penuh tantangan. Berikut beberapa ragam permasalah yang dialami ketika pada masa remaja.
1.    Masalah yang menyangkut jasmani.
Pada permulaan remaja, terjadi pertumbuhan jasmani yang cepat, seperti perkembangan kelenjar atau hormonnya dan organ seks yang begitu juga cepat, begitu juga suaranya akan berubah lebih keras. Perubahan badannya juga luar dan dalam yang terjadi dengan cepat itu bila tidak dipahami oleh remaja, maka akan menimbulkan keresahan dan ketakutan pada dirinya. Ia akan berprasangka jangan-jangan ia akan tumbuh menjadi tidak tampan atau tidak cantik dan berkelainan. Hal ini akan menimbulkan kecemasan yang akan menggoncangkan jiwa remaja tersebut.
2.    Masalah hubungan dengan orang tua.
Masalah ini yang sering menimbulkan kekecewaan remaja terhadap orang tuanya, dikarenakan kurangnya pengertian orang tua terhadap perubahan yang sedang dilaluinya sebab orang tua yang masih memperlakukannya sama ketika ia masih anak-anak.
3.    Masalah agama.
Perasaan yang bermacam-macam yang berkecamuk dalam diri remaja menyebabkan semakin tidak tenang, gelisah, cemas, marah, kepercayaan kepada Tuhan kadang-kadang terganggu, sifat-sifat Tuhan diragukannya tetapi ia memerlukan-Nya menyebabkan kadang ia sangat rajin beribadah, kadang mogok dan lalai.
4.    Masalah hari depan.
Remaja sering mengeluh tentang masa depannya mengenai bekerja dimana dan profesi apa yang cocok untuknya dikemudian hari, Semua itu terasa suram. Seringnya berkhayal tentang masa depan yang gemilang, hidup enak, bahagia. Tetapi di lain pihak ia tidak melihat jalan untuk menuju kepada arah itu, karena lingkungan masyarakat yang tidak memberikan kepastian kepadanya (termasuk sekolahnya).
5.    Masalah sosial
Remaja ingin diterima oleh kawan-kawannya dan merasa sedih bila dikucilkan. Karena itu ia meniru tingkah laku, pakaian, sikap dan tindakan temannya. Dia dihadapkan pada pilihan mematuhi orang tuanya atau hanyut dalam pergaulan yang menyenangkan. Masalah ini merupakan masalah yang terjadi kebanyakan masa kini, akibat dari pergaulan yang salah.
6.    Masalah akhlak
Ketidak puasan terhadap kehidupan yang dilalui menyebabkan kenakalan remaja, perkelahian, penyalahgunaan narkotika, tidak semangat belajar dan melanggar aturan orang tua.
Strategi Bimbingan       
Untuk mengatasi permasalah remaja strategi bimbingan sangatlah diperlukan dalam membantu dan mengembangkan potensi minat dan bakatnya. Oleh arena itu cara ini dapat dilakukan melalui beberapa pendekatan diantaranya sebagai berikut.
1.    Bimbingan Akedemik
Si remaja bingung dalam menentukan pimilihan jurusan yang akan ia tempuh kita dapat menerapkan strategi bimbingan akademik, dengan cara menanyakan kepada remaja tersebut lalu mengadakan uji coba terhadap remaja tersebut agar mengetahui apa bakat dan minat yang ia miliki. Kemudian remaja tersebut akan diarahkan oleh pihak yang akan bertanggung jawab.
2.    Bimbingan Sosial Pribadi
Remaja mempunyai masalah dengan pribadi dan teman sebayanya, agar kita dapat mngetahui dan mengarahkannya, kita tanya terlebih daulu apa permasalahan yang ia hadapi kemudian beri solusi agar masalah yang ia hadapi tidak berkepanjangan.
3.    Bimbingan Karier
Remaja ini bingung akan bagaimana kehidupan ia dimasa depan nanti karena tidak adanya bimbingan khusus mnegenai pekerjaan yang ia hadapi, cara menanganinya yaitu dengan mengarahkan apa dan bagaimana pekerjaan yang sesuai dengan minat dan bakatnya kemudian menyediakan sebuah soal tentang bimbingan karier yang akan dia tempuh.
4.    Bimbingan keluarga
Remaja mempunyai masalah keluarga, dimana keluarganya sudah terpecah belah akibat perceraian, biasanya remaja ini lari nya kepada kenakalan remaja yang ingin mendapatkan perhatian dari kedua orang tuanya, hal yang harus dilakukan adalah dengan membimbingnya dan mengajaknya kepada hal yang positif disertai tindakan yang tidak menyinggung perasaannya.
Metode Bimbingan
Dalam menerapkan bimbingan untuk remaja perlu adanya metode yang digunakan agar remaja tidak salah langkah dan mengetahui dirinya sendiri. Berikut beberapa metode tersebut.
1.    Metode Keteladanan
Cara menerapkan metode ini cukuplah gampang-gampang sulit, karena metode ini menyangkut juga dengan kepribadian orang yang lebih dewasa darinya dalam memberikan contoh yang baik, misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya.
2.    Metode Nasihat
Dalam metode ini cukuplah mudah namun kembali lagi pada bagimana cara menyampaikan nasihat tersebut, dengan contoh, tidak baik untuk anak perempuan malam hari masih ada di luar rumah, sebaiknya sudah ada  di rumah, karena kodratlaki-laki dan perempuan itu berbeda.
3.    Metode pengamatan dan pengawasan
Dalam metode ini orang yang lebih dewasa melakukan beberapa hal untuk remaja yaitu dengan cara memngawasi dan mengamati bagaimana sikap dan prilaku remaja yang telah dilakukan, kemudian perbaiki hal tersebut dengan memberitahukannya bahwa mana yang baik dan benar, dan dalam memberikan aturan hendaknya juga memperhatikan keinginan dan kebaikan untuk remaja tersebut.
C.  Penutup
Masa remaja adalah masa taransisi dimana masa anak-anak menuju masa dewasa yang dimana masa ini tantangan-tantangan yang di hadapi sangat banyak karena dengan pertumbuhan fisik dan emosionalnya dari pengertian tersebut terdapat ragam permasalahan remaja yaitu masalah yang menyangkut jasmani, masalah hubungan dengan orang tua, masalah  agama, masalah hari depan, masalah sosial, masalah akhlak, dalam permasalahn ini strategi bimbingan yang diberikan dalam mengatasi masa remaja adalah bimbingan akedemik (belajar),bimbingan sosial pribadibimbingan karir,  dan bimbingan keluarga dan di ikui juga dengan pemberian metode yang diberikan pada remaja harus sesuai agar remaja tidak salah dalam melangkah, beberapa cara yang dapat diterapkan adalah dengan metode keteladanan, metode nasihat, metode nasihat, metode pengamatan dan pengawasan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar