Minggu, 12 Maret 2017

LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SERTA KONSELING KELOMPOK

 LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK SERTA KONSELING KELOMPOK

bimbingan dan konseling kelompok

Diskripsi Pertumbuhan serta psikologi Remaja



Bimbingan kelompok adalah suatu kegiatan kelompok dimana pimpinan kelompokmenyediakan informasi-informasi dan mengarahkan diskusi agar anggota kelompok menjadilebih sosial atau untuk membantu anggota-anggota kelompok untuk mencapai tujuan-tujuan bersama. Bimbingan kelompok juga dapat diartikan sebagai bantuan terhadap individu yangdilaksanakan dalam situaskelompok. Bimbingan kelompok dapat berupa penyampaianinformasi ataupun aktivitas kelompok membahas masalah-masalah pendidikan, pekerjaan, pribadi dan sosial.
#
Bimbingan kelompok dapat diartikan sebagai suatu upaya bimbingan yang dilakukanmelalui situasi, proses dan kegiatan kelompok. Sasaran bimbingan kelompok adalah individu-individu dalam kelompok agar individu yang diberikan bimbingan mendapatkan pemahamandiri, penerimaan diri, pengarahan diri dan per$ujudan diri dalam menuju perkembanganoptimal.
%
ayanan bimbingakelompok merupakasuatcara memberikabantuan&bimbingan' kepada individu melalui kegiatan kelompok(alam layanan bimbingankelompok, aktivitas dan dinamika kelompok harus di$ujudkan untuk membahas berbagai halyang berguna bagi pengembangan atau pemecahan masalah individu &sis$a' yang menjadi peserta layanan. (alam layanan bimbingan kelompok dibahas topik-topik umum yangmenjadi kepedulian bersama di kelompok. )asalah yang menjadtopik pembicaraan dalamlayanan bimbingan kelompok, dibahas melalui suasana dinamika kelompok secara intens dankonstruktif, diikuti oleh semua anggota kelompok di ba$ah bimbingan pemimpin kelompok&pembimbing atau konselor'.(alam layanan bimbingan kelompok harus dipimpin olepemimpin kelompok."emimpin kelompok adalah konselor yang terlatih dan ber$enang menyelenggarakan praktik pelayanan bimbingan dan konseling.
 *
1
 http+$arnaa-$arnii.blogspot.com%#*#pengertian-dan-tujuan-bimbingan.html
2
 Gede Sedanayasa dkk,
 Dasar-Dasar Bimbingan Konseling 
, &Singaraja+urusan Bimbingan /onseling0akultas 1lmu "endidikan 2ndiksha,%# ', hlm. *
3
 !ohirin,
 Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah
, &akarta+ 3aja$ali "ers, %4', hlm.#4
2
 
B."#$#an Layanan Bimbingan Kelomo! 
Secara umum layanabimbingakelompok bertujuauntupengembangankemampuan bersosialisasi, khususnya kemampuan berkomunikasi peserta layanan.
5
 Secaralebih khusus, layanan bimbingan kelompok bertujuan untuk mendorong pengembangan perasaan, pikiran, persepsi, $a$asan dan sikap yang menunjang per$ujudan tingkah lakuyang lebih efektif, yakni peningkatan kemampuan berkomunikasi baiverbal maupunnonverbal para sis$a.
Selain itu, tujuan khusus bimbingan kelompok ialah+
)elatih sis$a untuk berani mengemukakan pendapat di hadapan teman-temannya.
)elatih sis$a dapat bersikap terbuka di dalam kelompok 
)elatisis$a untudapamembinkeakrababersama teman-temadalamkelompok khususnya dan teman di luar kelompok pada umumnya.
)elatih sis$a untuk dapat mengendalikan diri dalam kegiatan kelompok.
)elatih sis$a untuk dapat bersikap tenggang rasa dengan orang lain.
)elatih sis$a memperoleh keterampilan sosial
)embantu sis$mengenaldan memahamdirinydalam hubungannya denganorang lain.
7
ayanabimbingan kelompok dimaksudkan untuk memungkinkan sis$a secara bersama-sama memperoleh berbagai bahan dari narasumber &terutama guru pembimbing'yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari baik sebagai individu maupun sebagai pelajar,anggota keluarga dan masyarakat. Bahan yang dimaksudkan dapat juga dipergunakan sebagaiacuan untuk mengambil keputusan.
4
%.&#ng'i Layanan Bimbingan Kelomo
0ungsi dari layanan bimbingan kelompok diantaranya adalah sebagai berikut +
4
 1bid., hlm.#4%
5
 
"rayitno,
 Layanan L.1-L.9
 &"adang + 2niversitas 8egeri "adang, %5' hlm. *
6
 http+e$intri.$ordpress.com%#%#%bimbingan-kelompok
7
 9bu Bakar ).uddin,
 Dasar-Dasar Konseling,
&Bandung+ :itapustaka )edia "erintis, %#', hlm.54
3
 
#.)emberi kesempatan yang luas untuberpendapadamemberikatanggapantentang berbagai hal yang terjadi di lingkungan sekitar.%.)empunyai pemahaman yang efektif, objektif, tepat, dan cukup luas tentang berbagaihal tentang apa yang mereka bicarakan.*.)enimbulkan sikap yanposititerhadap keadaasendirdan lingkungamerekayang berhubungan dengan hal-hal yang mereka bicarakan dalam kelompok.5.)enyusun progran-program kegiatan untuk me$ujudkan penolakan terhadap sesuatuhal yang buruk dan memberikan dukungan terhadap sesuatu hal yang baik.6.)elaksanakan kegiatan-kegiatan yang nyata dan langsununtuk membuahkan hasilsebagaimana apa yang mereka programkan semula.
;
D.I'i Layanan Bimbingan Kelomo! 
ayanan bimbingan kelompok membahas materi atau topik-topik umum baik topiktugas maupun topik bebas. <ang dimaksud topik tugas ialah topik atau pokok bahasan yangdiberikaoleh pembimbing &pimpinakelompokkepada kelompok untudibahas.Sedangkan topik bebas adalah suatu topik atau pokok bahasan yang dikemukakan secara bebas oleh anggota kelompok. Secara bergiliran anggota kelompok mengemukakan topiksecara bebas, selanjutnya dipilih mana yang akan dibahas terlebih dahulu dan seterusnya.!opik-topiyang dibahadalam layanan bimbingan kelompok baitopik bebasmaupun topik tugas dapat mencakup bidang-bidang pengembangan kepribadian, hubungansosial, pendidikan, karier, kehidupan berkeluarga, kehidupan beragama dan lain sebagainya.!opik pembahasan bidang-bidang di atas dapat diperluas ke dalam subbidang yang relevan.)isalnya pengembangan bidang pendidikan dapat mencakup masalah cara belajar, kesulitan belajar, gagal ujian dan lain-lain.
=
E."a(a)ta(a Bimbingan Kelomo!
Suatu proses layanan sangat ditentukapadtahapan-tahapan yang harus dilaluisehingga akaterarahruntutdan tepat padsasaran!ahap pelaksanaan bimbingankelompok menurut "rayitno ada empat tahapan, yaitu+#'!aha"embentukan
8
 http+e$intri.$ordpress.com%#%#%bimbingan-kelompok
9
!ohirin,
 Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah
, &akarta+ 3aja$ali "ers, %4', hlm. #4*
4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar